Cerita Uang 2000 Lusuh

KATEGORI ARTIKEL: CATATAN

January 1, 2024

Saat mengaspal di awal tahun 2024, saya berjalan perlahan di sisi jalan. Tiba-tiba dihentikan oleh seorang ibu paruh baya, bersama seorang anak muda di gang Alhidayah. Nama gangnya mirip nama majalah rahasia ilahi.

Anak muda ini lebih cocok disebut sebagai adiknya. Terlihat dari bahasa tubuh keduanya.

Tas ransel dan tentengan goodybag, topi putih dan dandanan trendy khas anak muda perantau nan sukses. Minta diantar ke minimarket yang berjarak 100 meter.

Mau ke Jakarta, A?”

Muhun, nunggu Primajasa.

Motor merapat ke parkitan minimarket.

Berapa A?”

Mangga sabaraha bae.


Uang asli pemberian anak muda

Anak muda dengan masadepan cerah ini mengeluarkan lipatan uang kertas, ada sepuluh, ada duapuluh dan ada dua ribu. Terpilihlah uang lusuh duaribu rupiah sebagai ongkos angkut.

Mirip gaya lawakan srimulat. 😂

Saat menerima uang dua ribu rupiah itu, saya terima tanpa ngamuk-ngamuk. Sejurus, otak melakukan scanning dengan latar belakang masalah “what’s going on?”. Baru hari ini dibayar senilai tarif kencing di toilet umum.

Dalam pikiran terjadi dialog saling meniadakan. Sebab dikasih uang dua ribu perak karena menyebut ‘terserah berapa saja’.

Tapi, dalam budaya ketimuran utamanya Sunda, kalimat ‘berapa aja’ itu bukan kalimat liar tanpa batas kuantitatif.

Ada batas moral disitu: bagi saya yang menyebut ‘berapa aja’ dengan maksud menyampaikan pesan moral asal tidak memberatkan dia.

Namun untuk dia, kalo dia paham, maka ada batasan minimal berapa yang seharusnya dipahami dia dari maksud ‘berapa aja’ adalah berapa nilai uang yang menurut dia layak bagi orang lain yang dimanfaatkan jasanya dan sesuai kemampuan dia.

Dan ternyata profil anak muda ini seharusnya mampu mengeluarkan uang sepuluh atau lima ribu.

Tapi, ya itulah, tahun baru 2024 ini akan banyak hal-hal yang makin kesini makin kesana. Akan banyak kekonyolan dalam format serius, yang seharusnya tidak pernah terjadi pada masyarakat yang paham adat istiadat.

Salam satu aspal.

IKLAN

By Google