Honda Revo X adalah varian Revo dengan sistem injeksi. Jenis motor ini terkenal irit, apalagi dipacu pada kontur jalanan yang datar, semisal pantura.

Pernah beberapa kali melakukan perjalanan dari Kuningan menuju Jakarta, sekali isi 20 ribu, hanya melakukan isi ulang pada SPBU Cikarang. Tercatat kurang lebih 194 km perjalanan.

Motor ini, menurut saya, lemah di sisi gear dan rantai. Sekali hantam pada lubang aspal, gampang nga-goleong. Setelah menghantam, seolah ban mau copot dan motor bergerak naik turun seperti odong-odong depan alfamart.

Kelemahan kedua, pada bagian kopling. Walau usia motor muda, bagian ini rewel. Tentang inilah saya akan ceritakan pada pembaca, tentunya bukan sebagai ahli / montir, tapi pemotor yang suka kepo sama kerjaan montir.

Jadi gini.

Setelah mengalami perlambatan ketika akselerasi tinggi, misal gigi 3 atau 4, motor digas-poll-keun, malah ngeden. Bisa dibilang, nafsu gede tenaga ga ada. Hanya jeritan mesin yang bikin hati meleleh.

Setelah tanya ke mbah gugel, dikasih jawaban dari beberapa blog otomotif, yang namanya mirip pabrikan. Di mulai, sebabnya adalah kanvas kopling, rantai mesin, karbu dan macam-macamlah.

Tapi, seperti biasa, saya menyisakan ruang ketidakpercayaan sedikit pada info dari mbah gugel.

Dibawalah ke bengkel kampung apa adanya. Bengkel yang ownernya orang jujur dan baik hati. Saya hanya minta ganti oli, minta cek rante, dan sedikit curhat masalah ‘nafsu gede tenaga kurang’ tadi.

Setelah diganti oli, owner melakukan terapi pijit tungkai persneling kaki, dengan memutar ban belakang.

Lalu, diambilnya obeng, dan kunci pas, diubahnya setingan kopling sisi kanan.

Baud dekat tulisan Honda sebelah kanan itu adalah seting kopling

Tadinya, saya kira itu baud apa, ternyata itu baut setingan kopling.

Selesai itu, owner hanya menagihkan biaya ganti oli, sedangkan terapi pijit dan setel tadi tak ditagihnya. Barakallah pak owner.

Jadi, kalo suatu ketika motor Anda ‘nafsu gede tenaga kurang’, berdasarkan pengalaman tadi, lakukan saja dua hal berikut: ganti oli dan seting kopling.

Jangan terburu-buru minta ganti kanvas kopling, sebab harganya lumayan.