Saya menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi, bersama kawan dekat saya yang terkonfirmasi Covid-19 di kemudian hari. Dalam tulisan ini, saya rangkumkan.

  1. Sensasi Panas Permukaan Kulit.
  2. Badan Lemas
  3. Darah mengental
  4. Sesak Nafas
  5. Demam panas dalam waktu-waktu tertentu.
Sample Darah dalam Tabung
Sample Darah dalam Tabung

Sensasi Panas Permukaan Kulit
Yang dirasakan oleh penderita ialah panas seperti terkena cabe. Lokasi panas itu berpindah-pindah. Kadang muncul kadang tidak, kebanyakan yang dialami pada waktu magrib. Rasa panas ini kadang di lengan, kadang di pundak dan kaki.

Badan Lemas
Badan terasa berat, ingin selalu berbaring, susah melangkah seolah malas. Jika berjalan, terasa seperti pusing, berputar-putar. Kadang mual.

Darah Mengental
Kondisi ini diketahui saat melakukan cek darah. Perawat kesulitan menentukan titik jarum pada nadi, dua kali berganti lokasi, darah tak keluar. Sampai ditangani dua perawat di lokasi jarum ke tiga, baru darah keluar, tetapi darah tak mudah mengalir, mirip kecap Indomie Goreng, kental.

Sesak Nafas
Kondisi ini umum terjadi pada pasien, karena virus menyerang organ paru sangat cepat. Dari hasil rotgen, paru memutih.

Demam Panas Dingin waktu-waktu tertentu
Pasien merasakan demam yang sangat berat utamanya malam hari, keringat bercucuran, tapi keesokan harinya kembali normal. Namun esoknyta lagi terjadi lagi.

Demikianlah beberapa gejala Covid-19 yang jarang disadari, yang saya temukan saat menemani karib saya sebelum dirujuk ke RS Paru. Semoga tulisan ini bermanfaat.