Memblokir Aplikasi Pendownload Situs dengan htaccess

Memblokir beberapa aplikasi pendownload situs, kadang terpaksa dilakukan untuk mencegah pemanfaatan resource dengan cara yang tidak benar. Aplikasi itu mendownload seluruh konten terkait situs target, menyimpannya dalam satu folder, yang kemudian akan bisa diakse secara offline.

Beberapa Aplikasi Pendownload Situs

HTTrack
https://www.httrack.com/

Winhttrack

HTTrack adalah perayap web dan peramban offline gratis dan sumber terbuka, dikembangkan oleh Xavier Roche dan dilisensikan di bawah Lisensi Publik Umum GNU Versi 3.

HTTrack memungkinkan pengguna mengunduh situs World Wide Web dari Internet ke komputer lokal. Secara default, HTTrack mengatur situs yang diunduh oleh struktur tautan relatif situs asli. Situs web yang diunduh (atau “dicerminkan”) dapat dijelajahi dengan membuka halaman situs di browser.

SiteSucker
https://ricks-apps.com/osx/sitesucker/index.html

foto: ricks-apps.com

SiteSucker adalah aplikasi Macintosh yang secara otomatis mengunduh situs web dari Internet. Hal ini dilakukan dengan secara asynchronous menyalin halaman web situs, gambar, PDF, style sheet, dan file lain ke hard drive lokal Anda, menduplikat struktur direktori situs. Cukup masukkan URL (Uniform Resource Locator), tekan kembali, dan SiteSucker dapat mengunduh seluruh situs web.

WebZIP
Unduh halaman web atau seluruh situs web untuk menjelajahinya secara offline

Bagaimana Menghalau Aplikasi Di atas?

Cara menghalau aplikasi diatas merayapi web lalu mendownload kontennya adalah dengan menuliskan beberapa baris kode di file .htaccess.

RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^HTTrack [OR]
RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^SiteSucker [OR]
RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^WebZip [OR]
RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^WebCopier [OR]
RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^Zeus
RewriteRule ^.*$ no_download.html [L]

Setelah baris kode itu ditambahkan, lalukan restart apache / server. atau jika menggunakan xampp restart.

Share to

Do You Know!