Assalamualaikum.wr.wb
Pak ustad saya seorang istri, alamat tiban, udh menikah hampir 1 tahun. Dlam beberapa bulan ini saya dan suami saya sering bertengkar.pernah suami saya bilang dia tidak menyangi saya, Selama ini cuma karena ortunya.

Dia mencintai perempuan lain dan menyuruh perempuan itu datang ke Batam. Tapi saya menyanginya dunia akhirat.

Yg saya tanya kan berdosakah saya dan suami saya dalam berhubungan suami istri sedangkan suami saya tidak menyayangi saya. apa yang harus saya lakukan pak ustadz.

wassalmualaikum wr.wb
Warga Tiban, 085329815xxx


Wa’alaikumussalam


Selama suami anda tidak pernah mengatakan kepada anda “aku ceraikan/talak kamu”, dan anda tidak pernah menuntut cerai suami yang disetujui suami, maka status anda dan suami adalah pasangan istri dan suami yang sah, yang hubungan anda adalah halal dan berpahala disisi Allah.

Adapun faktor sayang dan cinta, itu sesuatu yang biasa terjadi, kadang naik dan kadang turun, namun sayang dan cinta bukan factor penentu halal dan haramnya hubungan suami istri.

Apa yang ibu lakukan kepada suami ibu adalah pilihan yang benar dan dianjurkan agama, karena suami ibu adalah suami yang sah, sekalipun suami tidak cinta dan sayang sama anda.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, ditanyakan kepada Rasulullah, bagaimanakah wanita yang paling baik? Nabi bersabda, “Yang menyenangkan hati suami jika dipandang, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi diri dan hartanya pada hal-hal yang tidak disukai suaminya.” (HR. Nasa’I, Syaikh Al-Albaniy menilai haditsnya hasan).

Jadi, tetap saja anda sayangi suami anda, mencintainya seperti apa yang disukai suami anda, dan jangan lupa mendoakan suami anda agar diberikan petunjuk oleh Allah agar segera kembali mencintai istrinya yang sah.

Mudah-mudahan sikap anda yang sabar dan setia seperti itu meluluhkan kerasnya hati suami anda.

Wallahu a’lam bish shawab