brew marahanAssalamualaikum,
Pak Ustadz, saya pernah marah dengan istri saya dan mengeluarkan kata-kata,’’Haram saya sentuh kamu lagi.’’ Apakah itu sudah jatuh talak pak? Wassalam


Wa’alaikumussalam
Perkataan selain “cerai dan talak”, tidak serta  merta dianggap talak. Tergantung niatan ketika ngomongi kata-kata itu, seperti ungkapan yang Anda sebutkan. ‘’Haram saya sentuh kamu lagi.’’ Bisa jatuh talak, kalau ketika mengatakannya saat Anda berniat menceraikannya.

Namun, tidak jatuh talak, kalau hanya sekedar tidak akan pernah lagi berhubungan badan dengannya dan bukan maksud menceraikannya. Anda silahkan menilai sendiri, dulu berniat cerai apa tidak.

Adapun suami yang tak mau menyentuh dengan istri­nya, pada dasarnya dibenarkan kalau bertujuan sebagai pelajaran ataupun sanksi dari suami atas kesalahan istri.

Allah mengatakan,’’Wanita-wanita yang kami khawatirkan nusyuzunya (durhaka), maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari jalan untuk menyusahkannya.. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.’’ (QS An-Nisa:34)

Sekalipun boleh, namun harus tetap mempertimbangkan maslahat dan mudharatnya (bahayanya), jangan berlama-lama kalau ternyata tidak efektif, maka perbuatan itu harus Anda tinggalkan, karena secera fitrah Anda butuh ‘sentuhan’ dan istripun juga butuh. Kalau ungkapan itu lahir dari kemarahan, bukan berniat untuk memberikan pelajaran pada istri atas kedurhakaannya, maka Anda tidak boleh memperturutkan niat tersebut. Karena memberikan nafkah batin adalah tugas wajib Anda sebagai suami. Sementara mengharamkan yang halal, haram hukumnya, segeralah Anda bertobat .

Dulu Rasullah juga pernah ditegur karena berniat mengharamkan makan madu, untuk menunjukkan cintanya kepada Hafshah, kemudian ditergur oleh Allah.’’Hai Nabi, mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah halalkan bagimu, kamu mencari kesenangan hati sitri-istrimu? dan Allah Maha Pengampun lagi Mah Penyayang.’’ (QS At Tahrim:1)
Wallahu a’lam

#

#