Shalat Foto: Wisnu Hesnandar

Shalat Foto: Wisnu Hesnandar

Assalammualaikum,
Saya mau sholat tahajjud,tp saya gak tau cara dan doanya, dan berapa rakaatnyaa dan kalau kita melaksanakanya a apa doa-doa kita terkabul?
mohon penjelesanya

terima kasih
Santo, Batamkota


Wa’alaikumussalam Wr Wb.
Shalat Tahajjud termasuk shalat sunnah yang dikerjakan hanya di malam hari, sebagian besar ulama mensyaratkan bahwa tahajjud hanya boleh dilakukan kalau sudah bangun tidur, artinya kalau ada orang tidak tidur-tidur di malam hari maka dia tidak bisa menunaikan tahajjud.

Caranya sama saja dengan shalat sunnah yang lainnya, dikerjakan sebanyak dua rakaat minimal, dua rakaat sekali salam. Kalau mau buat 4 rakaat juga boleh, berarti ada 2x salam. Bacaannya selain al-Fatihah terserah anda, bahkan kalau cuma baca al-Fatihah saja, Tahajjud anda tetap sah.

Waktunya yang penting di malam hari dan sesudah bangun dari tidur, tapi waktu yang paling bagus, adalah disepertiga akhir malam (sekitar jam 02.30 sampai Subuh).

Adapun soal doa, maka anda harus yakin bahwa doa anda pasti akan dikabulkan Allah. Apalagi Allah sendiri yang menjanjikan bahwa Allah akan mengabulkan semua permintaan pada waktu sepertiga malam akhir, Rasulullah bersabda, “Allah turun ke langit dunia setiap malam ketika tersisa sepertiga malam yang terakhir seraya berfirman, ‘Aku lah Raja, akulah Raja, siapa yang berdoa pada-Ku, Aku kabulkan doanya, siapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku beri, siapa yang meminta ampun, Aku ampunkan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tidak ada doa khusus setelah shalat Tahajjud tidak ada dari nabi, jadi anda silakan berdoa terserah anda bahkan dalam bahasa apapun boleh, sebab yang diinginkan Allah, bukan bahasa Arabnya, tetapi permohonan kita kepada-Nya.

Allah berfirman, “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Ghafir : 60).

Wallahu A’lam bish Shawab

#