Assalammualaikum Wr Wb
Pak Ustad apa hukumnya orang pasang tato di badan, juga pria yang pakai anting-anting? Terimakasih.

Fahmi, Nagoya
6281277586XXX


foto tatto keren

Tatto

Wa’alaikumussalam Wr Wb

Pertama, hukum mentato tubuh haram, haram bagi yang minta ditato, juga haram bagi yang membuatkan tato. Karena berdasarkan riwayat dari Alqomah, dari Abdullah bin Mas’ud, beliau mengatakan, “Allah melaknat wanita yang menjadi tukang tato dan wanita yang minta ditato, wanita yang mencabuti bulu alis dan wanita yang minta agar bulu alisnya dicabuti, demikian pula wanita yang merenggangkan giginya demi kecantikan. Merekalah wanita-wanita yang mengubah ciptaan Allah” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semua perbuatan yang pelakunya diancam dengan laknat (seperti hadits di atas) itu menunjukkan kalau perbuatan itu termasuk dosa besar.

Penyebutan hadits dengan kata-kata “wanita” bukan membatasi hanya wanita saja, tetapi siapapun yang minta ditato dan orang yang membuatkan tato sama-sama dilaknat Allah ta’ala.

Lagi pula, tato akan meng halangi sampainya air keanggota wudhu atau anggota mandi junub, dimana ketika junub, kita harus meratakan air ke seluruh tubuh. Kalau ada tato berarti air tidak sampai ke sekujur tubuh, kalau air tidak rata maka mandi junubnya tidak sah, kalau mandi junub tidak sah, berarti shalat juga tidak sah, karena belum suci dari hadats besar. Kalau shalat tidak sah, betapa ruginya kita di dunia dan akhirat hanya gara-gara tato yang juga tidak membuat kita beruntung.

Kedua, memakai anting-anting bagi pria juga haram hukumnya, sebab anting-anting pada dasarnya adalah perhiasan khusus bagi perempuan.

Di dalam Islam, Rasulullah melarang laki-laki menyerupai wanita, baik dalam soal perhiasan, gaya bicara dan sebagainya. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas , ia berkata, “Rasulullah melaknat para laki-laki yang menyerupai kaum wanita dan wanita yang menyerupai kaum laki-laki.” (HR Bukhari).

Wallahu a’lam bis shawab

#