Assalamu’alaikum Wr Wb..
Pak ustadz, saya ada pertanyaan, apakah benar orang yang lagi haid dilarang membaca Al-qur’an? Terima kasih.

Linda, Sekupang


Wa’alaikumussalam Wr Wb.

Para ulama berbeda pendapat dalam hal ini.

Pendapat pertama mengatakan tidak boleh, kecuali bagi yang terpaksa saja, seperti mengajar atau menjaga hafalan, alasannya:

Hadits pertama, janganlah perempuan yang haid dan orang–orang junub membaca sedikit pun juga dari Al-qur’an (HR.At Tirmidzi No.121, Ibnu Majah No.595 dan lainnya).

Hadits kedua, perempuan yang haid dan orang junub, keduanya tidak boleh membaca sedikit pun juga dari (ayat) Al-qur’an (HR.Ad Daruquthni 1/117) Imam Ad Daruquthni mencatat hadits ini dari seorang laki–laki, dari Abu Masy’ar, dari Musa bin Uqbah, dari Ibnu Umar.

Hadits ketiga, tidak boleh bagi perempuan yang haid dan nifas membaca (ayat) Al-qur’an sedikit pun juga (HR.Ad Daruquthni 2/87 dan Abu Nua’im di kitabnya Al Hilyah 4/22).

Pendapat kedua mengatakan boleh, karena tidak ada satu dalil yang shahih pun yang melarang orang haid membaca Al-quran, karena 3 hadits tadi semuanya lemah.

Hadits pertama, dalam sanad hadits tersebut terdapat Ismail bin ‘Ayyaasy, Imam al Bukhari mengatakan: Ismail (bin ‘Ayyaasy) munkarul hadits (apabila dia meriwayatkan) hadits dari penduduk Hijaz dan penduduk Irak. Berkata Al Hafizh Ibnu Hajar dalam Talkhisul Habir 1/138, “Di dalam sanadnya ada Ismail bin ‘Ayyaasy, sedangkan riwayatnya dari penduduk Hijaz dha’if dan diantaranya (hadits) ini”. Sehingga demikian status hadits tersebut adalah dha’if (lemah).

Hadits kedua, karena ada rawi yang mubham (yang tidak disebut nama perawinya).

Hadits ketiga, di dalam sanad hadits tersebut terdapat Muhammad bin Fadl bin ‘Athiyyah yang telah dikatakan oleh para Imam ahli hadits sebagai pendusta sebagaimana keterangan Al Hafizh Ibnu Hajar dalam Taqribnya 2/200. Di kitabnya yang lain yaitu Talkhisul Habir 1/138, Ibnu Hajar mengatakan bahwa orang ini matruk. Sehingga dengan demikian status hadits tersebut maudhu’ (palsu).

Wallahu a’lam bis shawab

#