Dua bulan lebih saya memantau ranking website yang saya kelola, selama itu pula saya menyaksikan ranking website itu terus menerus turun tanpa bisa dicegah.Lalu muncul hipotesa liar saya, yang sekiranya menyebabkan rating drop tak terkendali.
Pertama, saya menduga ada yang ‘main kotor’ dengan memanfaatkan fitur google removals. Fitur ini tidak dalam list google webmaster tool, tapi dengan menambahkan kata ‘removals‘ di ujung url – kita bisa mengkasesnya. Dan Semakin mencurigakan, ketika fungsi removals ini bisa dipakai siapapun tak harus verified user. Artinya, jika ada yang nggak seneng sama website kawan, lalu mau main hilangkan link di google sangat mungkin bisa menggunakan cara ini. Tak ada pejelasan tambahan dari google.
[Update: cek 14 november 2013 fungsi removals sudah ada dalam list webmastertool]
Lalu, dugaan kedua, muncul dari server website menggunakan Ip Deny Manager pada Cpanel. Di mana kawan bisa memblok ip manapun untuk berkunjung ke web kita. Jika yang datang itu Google Bot, maka dengan IP Deny Manager tadi Google Bot  bisa tertahan untuk mengakses website kita. Hasilnya bisa ditebak website kawan tak terindeks di google dengan baik, alias can`t crawl. Yang pada akhirnya, rank website merosot tajam.
Dan itu terbukti pada website yang saya kelola, seperti yang saya temukan ini:

Pada gambar di atas, saya tak pernah melakukan Deny ip dengan parameter All. Biasanya saya block ip secara parsial. Tapi ini? Siapa yang melakukan?
Perlu dicatat, website yang saya kelola- sebelum kejadian ini- sangat sensitif dengan kata kunci di google, utamanya dengan kata kunci “Batam”. Tapi setelah kejadian ini, untuk judul yang 100% sama pun- dipaste digoogle- malah ngaco kemana-mana.
Siapa yang melakukan ini?
Cukup tahu Saja!