Bicara peringkat, maka ada dua parameter umum yang biasa dipakai para online marketer. Yaitu Google Page Rank dan Alexa Ranking.
Bagi kawan yang belum mengerti, mari saya ceritakan sedikit mengenai dua parameter tadi.
1. Google PageRank
Ini adalah indikator kepopuleran suatu website berdasarkan keterindeksan halaman itu di google. Google sendiri membuat ranking 1-10, dimana ranking tertinggi adalah 10. Lalu bagaimana menghitungnya? kawan bisa baca mengenai algoritma pengindeksan google di sini.
Mudahnya, jika anda menuliskan katakunci “info cpns batam 2013” di google, maka website yang muncul paling banyak dan hadir dihalaman 1 google adalah yang paling poluler dibanding yang lainnya.
lalu, peringkat berapa web kawan? cek disini.
2. Alexa Ranking
Alexa atau yang sering disebut Alexa Rank Рmerupakan  sistem peringkat internet yang melacak lebih dari 30 juta situs di seluruh dunia. Alexa Rank dan metrik lainnya memungkinkan pemilik situs untuk mengetahui gambaran suatu situs mulai dari siapa pengunjungnya, jenis kelamin pembaca, negara asal, dll. Sebutlah alexa ini data survei.
kendatipun ada pemiliki situs yang menganggap ‘apalah alexa-alexa-an ini..’ ¬†Mereka bisa saja menolak metrik alexa mengukur website mereka (dengan memblok alexa bot), tapi siapa yang tahu?
Begitu Juga dengan Google Pagerank, pemilik situs bisa menolak halamannya terindeks di google dengan cara memblokir google bot yang biasa melakuka  crawl website.
Lalu, apa untungnya?
Bagi para online marketer, nilai alexa rank (makin kecil makin populer) atau google pagerank (makin besar makin populer) sangat membantu memberikan gambaran komplit tentang potensi pasar. Artinya, jika ada pemasang iklan ingin memasang iklan, tak perlu dia dengar pengakuan si pemilik website bahwa website ini paling banyak dibaca. cukup klik siteinfo, muncul semua data.
Lucunya, ada kawan yang menolak mengakui nilai alexa, dan berpaling ke jumlah follower di twitternya, HANYA KARENA nilai alexa kawan ini saat ini jeblok – yang tadinya mereka malah beriklan tentang hebatnya nilai ranking alexa mereka.
Berikut ini, saya hadirkan nilai alexa comparison (perbandingan) seluruh portal yang ada di kepulauan riau, tidak termasuk www.batam.tribunnews.com, sebab mereka subdomain, bukan main domain.
Klik gambar untuk perbesar tampilan
alexa-portal-batam