Asw…pak ustadz,sy mau tanya,mslh kel.dlm sbuah kel.sering trjdi prtengkaran suami istri,dn istri sering mengeluarkan kta2 cerai bkan sekali dua kali tp blh d katakan udh ratusan kali.apa hukumnya mnurut syariat agama islam,bagi si istri,dan apa yg harus di lakukan oleh seorang suami menurut syariat islam,?apakah hrs mnceraikan si istri atau bagaimana pak ustadz?tksh
85286888xxx
Wa’alaikumussalam Wr Wb.
Hak menceraikan itu pada dasarnya hanya milik suami saja, dan istri sama sekali tidak ada hak menceraikan suaminya, walau berjuta kali sang istri mengatakan kepada suaminya “aku ceraikan kamu”, tetap saja tidak ada pengaruh, alias tidak jatuh talak.
Ini sesuai dengan sabda Rasulullah, “tidak ada talak, kecuali pada apa yang kamu miliki.” (HR. Abu Dawud, dinilai Hasan oleh Syaikh al-Albani). Imam al-Mawardi mengatakan: tidak sah talak kecuali dari suami (al -Hawi 12/384).
Karena talak yang diucapkan istri tidak jatuh, maka hubungan suami istri tetap utuh dan tidak bercerai sama sekali.
Adapun bagi suami yang memiliki hak talak, maka keputusan akhir, mau diteruskan atau tidak ikatan pernikahan ada ditangan suami, semuanya kembali kepada pertanyaan, apa kemaslahatan yang didapatkan dengan bercerai..? kalau tidak ada sama sekali, kecuali sekedar mengikuti hawa nafsu dan emosi semata, buat apa bercerai, disamping itu menjadi aib dalam pandangan keluarga besar dan masyarakat, juga tentu berpengaruh kepada anak-anak nantinya.
Tetapi, kalau memang karena alasan yang cukup kuat, misalnya istri sudah tidak mau taat sama sekali kepada suami, atau istri sudah tidak cinta lagi pada suamai tetapi lebih tertarik dengan laki-laki lainnya, atau istri berakhlak buruk sekali sehingga berpengaruh buruk juga pada anak-anak, dan lain sebagainya, maka suami silakan memilih berpisah, setelah semua cara memperbaiki istri dan rumah tangga menemui jalan buntu.
Wallahu A’lam bish Shawab