Assallamualaikum Wr.Wb
Pak ustadz aku mau tanya gimana hukumnya kalu istri aku ngotot minta cerai tp aku tetap tidak mau menceraikannya padahal kami sudah pisah ranjang slama 3 bulan lebih?
Wassalam….
89958281xx
Wa’alaikumussalam Wr Wb
Istri menuntut cerai ada 2 kemungkinan:
Pertama, kalau istri memiliki  alasan yang dibenarkan agama, misalnya suaminya berlaku zalim pada istrinya, suami melakukan dosaa besar (zina, judi, mabuk-mabukan dan lainnya), suami membahayakan jiwa dan agama istrinya, atau suami sudah tidak mampu lagi menafkahi istrinya lahir maupun batin, maka hukumnya dibolehkan agama.
Dalilnya: Dari Aisyah bahwasanya Habibah binti Sahl dulunya istri Tsabit bin Qois, lalu Tsabit memukulnya hingga patahlah sebagian anggota tubuhnya. Habibah pun mendatangi Rasulullah setelah subuh dan mengadukan kepada Nabi tentang suaminya. Maka Nabi berkata kepada Tsabit, “Ambillah sebagian harta Habibah, dan berpisahlah darinya!” Tsabit berkata, “Apakah dibenarkan hal ini wahai Rasulullah?”, Nabi berkata, “Benar.” Tsabit berkata, “Aku telah memberikan kepadanya mahar berupa dua kebun, dan keduanya berada padanya.” Maka Nabi berkata, “Ambilah kedua kebun tersebut dan berpisahlah dengannya”. (HR Abu Dawud, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).
Kalau alasan istri anda menuntut cerai itu karena faktor yang dibenarkan agama sebaiknya anda ceraikan saja, supaya tidak menggantung status istri anda yang sudah tersiksa dengan anda, sebagaimana perintah nabi kepada Tsabit bin Qais yang sudah berbuat zalim kepada istrinya.
Kedua, istri menuntut cerai tanpa ada alasan yang benar menurut agama, maka dalam hal ini istrinya berdosa menutut cerai. Rasulullah bersabda, “Wanita mana saja yang meminta kepada suaminya untuk dicerai tanpa kondisi mendesak maka haram baginya bau surga” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syaikh Albani).
Kalau ternyata tuntutan cerai istri anda bukan karena alasan yang benar, pilihan ada ditagan anda, mana yang lebih memberikan kebaikan bagi semuanya, kalau anda mempertahankan rumah tangga anda membuat istri anda semakin membaik, maka silakan anda tempuh proses damai, dengan cara yang lembut dan sebaiknya menyertakan orang bijak yang disegani oleh istri anda.
Tetapi kalau istri anda sudah berkeras tidak mau baik-baik, saya sarankan berpisah lebih baik, dari pada status istri anda tergantung-gantung dan berpeluang berada dalam dosa terus menerus karena melawan suami, sementara sebagai istri dia sudah tidak ada rasa cinta, hormat dan sayang lagi pada  suaminya, dari pada ini berlarut-larut, tentu tidak baik bagi anda dan istri anda. Semoga Allah memberikan anda jalan keluarnya yang terbaik.
Wallahu a’lam bish shawab
#