Assalammu alaikum Wr Wb pak ustad saya deni dri nagoya .pak apa hukuman apa bila seseorng suka onani,dan apa efek bagi tubuhnya trima kasih
852632182xx

Wa’alaikumussalam Wr Wb
Pertama, efek onani bagi tubuh, lebih detailnya silakan anda tanya pada dokter ahlinya, tapi secara sederhana bisa kita nilai, onani yang keseringan akan berakibat tidak baik bagi tubuh anda, sebab nabi tidak pernah memberikan solusi onani bagi pria yang tidak bisa menikah, solusi dari nabi cuma puasa, itu artinya onani tidak baik bagi tubuh dan tidak baik menurut Islam.
Kedua, Kalau onani dilakukan dengan tubuh sendiri atau alat lainnya, maka ulama beda pendapat, sebagian ulama (Malikiyah dan Syafi’iyah) mengatakan haram secara mutlak (tidak boleh sama sekali), ada yang mengatakan mubah (boleh-boleh saja) ini pendapatnya Ibnu Hazm, dan ada (Hanafi dan Hambali) yang mengatakan jika onani dikerjakan tidak dalam keadaan darurat, hukumnya haram, tetapi jika ia melakukannya dalam keadaan darurat, hukumnya mubah.
Tetapi kalau sudah keseringan onani jelas ini menjadi kebiasaan tentu jatuh pda keharaman, karena dianggap tidak menjaga kemaluannya dan mencari kenikmatan dengan cara yang salah, Allah berfirman, “Dan Orang-orang yang menjaga kemaluaannya, Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak-budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tidak tercela. Barangsiapa mencari dibalik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-Mukminun: 5-7).
Ketiga, adapun kalau onani dengan tubuh istrinya sendiri, para ulama membolehkan, karena suami dihalalkan menikmati seluruh tubuh istrinya untuk bersenang-senang, demikian juga istri terhadap tubuh suaminya. Allah berfirman, “Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, Maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki.” (QS. Al-Baqarah : 223).
Wallahu a’lam bish shawab