foto masjid agung batam
Assalamualaikum Wr Wb.

Pak usatad apa kah sah sholat subuh di lakukan pada jam 7 pagi ?
Terima kasih .
Pengirim 8566549xxx
Wa’alaikumussalam..
Jam 7 pagi waktu shalat Subuh sudah habis, adapun orang yang shalat Subuh pada jam 7 pagi ada 2 kemungkinan:
Pertama, sudah bangun ketika masuk waktu subuh, tetapi kemudian lanjut tidur lagi, orang yang seperti ini namanya orang yang lalai, sebagaimana sabda nabi, “tidur bukan suatu kelalaian, tetapi yang disebut lalai adalah orang yang tidak melaksanakan shalat hingga masuk waktu shalat yang lain, barangsiapa yang melakukan demikian (ketiduran), hendaklah dia shalat ketika dia terbangun, jika ia pada keesokan harinya maka hendaklah ia laksanakan pada waktunya.” (HR. Muslim, Ibnu Hibban dan an-Nasa’i).
Kedua, orang yang memang sejak dia tidur sebelum masuknya waktu shalat Subuh sudah tidur dan kebablasan sampai jam 7 pagi, maka dia boleh shalat Subuh ketika dia terbangun, sekalipun sudah menunjukkan pukul 7 pagi atau lewat.
Nabi sendiri pernah “kebablasan” sekali, sehingga shalat Subuhnya dilaksanakan setelah matahari terbit meninggi (waktu Subuh sudah habis), berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah, “kami berhenti sejenak bermalam untuk beristirahat bersama nabi, dan tidak ada satupun yang terbangun sampai terbit matahari, kemudian nabi bersabda, ‘hendaklah masing-masing orang mengenderai  untanya, karena tempat ini dihadiri setan’ kemudian kami melakukan perintah nabi tersebut (pindah tempat) lalu beliau meminta air dan beliau beruwudhu, lalu shalat 2 rakaat, Ya’qub mengatakan, “kemudian beliau shalat 2 rakaat, setelah itu iqomah, dan beliau kemudian shalah Subuh.” (HR. Muslim).
Wallahu A’lam bish-shaawab.
 
#