asslamualaiqum wr.wb
saya dede di seraya garden
apakah syariat islam memperbolehkan kita untuk menerima pemberian orang yg non muslim sprti mereka punya adat untk memberikan uang contoh nya angpao apa boleh pak ustad.
trimakasih
85668162xxx
Jawaban:
Wa’alaikumussalam Wr Wb.
Pemberian dari non muslim baik berupa hadiah, hibah atau apapun namanya seperti ang pao, door prise, lucky draw dan lainnya, perlu dijelaskan sebagai berikut:
Pertama, kalau hadiahnya berupa barang yang halal (buah-buahan, makanan yang ada label halal MUI, atau makanan yang tidak mengandung syubuhat), dan diberikan tidak dalam perayaan atau hari besar mereka, hukumnya halal diterima, karena nabi sendiripun biasa menerima hadiah dan pemberian dari non muslim.
Adapun hadiah berupa barang yang tidak jelas (syubuhat), sebaiknya tinggalkan saja, atau terima baik-baik terlebih dahulu setelah itu.
Kedua, hadiahnya berupa barang yang halal, tetapi diberikan dalam rangka hari besar mereka, dalam hal ini ada pendapat yang membolehkan menerima, dan ada pendapat yang melarang menerimanya.
Pendapat yang menolak beralasan karena termasuk bentuk memuliakan dan menolong dalam menyebarluaskan syi’ar agama mereka.
Sebagian lagi membolehkan, karena ini bukan termasuk dalam rangka menyebarluaskan syiar agama mereka, tapi dalam bab muamalah biasa saja. Sebab kita berada pada posisi penerima yang sama sekali tidak ada hubungan merayakan agama mereka, dan merekapun tahu bahwa orang Islam tidak mau merayakan agama mereka.
Wallahu A’lam bish Shawab