Assalamu alaikum Wr.wb, Pak Ustad saya mau tanya. Banyak org berpendapat lain2 soal aqiqah. Ada yg blg kalau mau aqiqah anak, maka ke dua org tua nya, & nenek kakek dr anak yg mau d aqiqah itu  harus aqiqah dulu, kalau engak anak nya gk bisa aqiqah. Bener gak ?
Mohon penjelasan dari pak ustad. Trima kasih.
852631946xx
Wa’alaikumussalam Wr Wb.
Setahu saya tidak ada satu madzhabpun yang membuat syarat demikian, sebab pada dasarnya perintah aqiqah ditujukan kepada orang tua bukan kepada anak, dan dari uang orang tua bukan uang anak. Rasulullah bersabda, “seorang anak yang lahir harus diaqiqahkan, maka sembelihlah hewan karena kelahirannya, dan singkirkan kotoran darinya.” (HR. al-Bazzar dan al-Hakim, haditsnya shahih).
Karena perintah itu ditujukan pada orang tua kita, maka kita yang sekarang menjadi orang tua tidak dituntut untuk mengaqiqahkan diri kita, sebab itu tugas ayah kita, tugas kita sebagai orang tua sekarang adalah mengaqiqahkan anak kita, bukan mengaqiqahkan diri kita.
Intinya, kita yang belum diaqiqahkan tidak perlu ambil pusing, sebab itu tugas orang tua kita, yang harus kita kerjakan sekarang adalah, bagaimana supaya anak kita yang menjadi tanggung jawab kita bisa diaqiqahkan.
Kesimpulan saya, pendapat tersebut tidak benar, sebab tidak didukung oleh dalil yang kuat, dan malahan bertentangan dengan dalil yang ada, nabi tidak pernah menyuruh kita mengaqiqahkan diri kita, tetapi menyuruh kita untuk mengaqiqahkan anak kita.
Wallahu A’lam bish Shawab