Data mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, bocor. Jumlahnya mencapai 125 ribu lebih, milik mahasiswa angkatan 2010 sampai 2017, lengkap hingga keterangan keluarga.

Data mahasiswa Undip bocor. Jumlahnya mencapai 125 ribu, milik mahasiswa angkatan 2010 sampai 2017, lengkap hingga keterangan keluarga.
Data mahasiswa Undip bocor.

Informasi mengenai kebocoran data pribadi ratusan ribu mahasiswa Undip menyebut bahwa data itu ditawarkan secara gratis di Raid Forums, sebuah forum jual beli data, sejak January 03, 2021 at 06:27 PM oleh user Eax.

Bagaimana bisa bocor?
saya menduga kebocoran ini berasal dari file backup SQL, yang dibiarkan masuk angin dalam folder. Sebagai mana diketahui, ada tektik google dork, atau dorking, untuk men-scan konten folder. Untuk mengenal dorking ini, silana baca artikel saya sebelumnya, “DATA MINING, OSINT dan Intelijen“.

Sebenarnya, banyak institusi yang datanya bocor. Tapi hanya beberapa yang berani pajang hasil serokan ke forum umum. Tentunya, tak ada yang berani pajang di forum lokal, dengan alasan keamanan.