Gedung Jamsostek Rental Oftice Lt 3, JL. Imam Bonjol, Nagoya, 29432, Indonesia +62 778 455920

BPJS ketenagakerjaan (Persero) Kantor Cabang Pulau Batam
Gedung Jamsostek Rental Oftice Lt 3, JL. Imam Bonjol, Nagoya, 29432, Indonesia
+62 778 455920

Sedikit saya akan berbagi dengan pembaca, tips ringan namun padat informasi bagaimana mencairkan uang jamsostek atau Dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS ketenagakerjaan (Persero), setelah kepesertaan pekerja selama lima taun plus satu bulan masa tunggu.

Yah, masa inilah yang ditunggu-tunggu pekerja seperti kita, di mana, uang pesangon tak bisa lagi menjadi jawaban :p.

Ceritanya, saya sudah nguli selama 6 tahun, jengah dengan pekerjaan, saya mengundurkan diri. Karena pesangonnya dicicil, maka saya mau tidak mau mencari sumber dana halalan toyiban, maka dari itulah Jaminan Hari Tua (JHT) segera saya klaim.

Suasana kantor BPJSTK (jamsostek I) Batam ramai oleh pekerja yang ingin mencairkan dana JHT. Sayangnya, untuk kota industri seperti Batam ini verifikasi dokumen hanya dilayani oleh satu-dua orang.

Suasana kantor BPJSTK (jamsostek I) Batam ramai oleh pekerja yang ingin mencairkan dana JHT. Sayangnya, untuk kota industri seperti Batam ini verifikasi dokumen hanya dilayani oleh satu-dua orang.

Kapan Boleh Mengajukan?
Jika anda sudah bekerja limatahun PLUS satu bulan masa tunggu.
Misalnya, anda keluar dari pekerjaan setelah lima tahun bekerja, surat pengunduran diri/PHK/selesai bekerja tertanggal di bulan januari 2015, maka ditambah 1 bulan  masa tunggu, bearti anda boleh mengajukan pada bulan maret 2015.

Apa yang harus dipersiapkan?
Maka, saya menyiapkan data-data ini.

  1. Mengisi cek list kelengkapan berkas (disediakan)
  2. Mengisi Formulir Pencairan JHT (disediakan)
  3. Mengisi surat pernyataan tidak terikat hubungan kerja (bermaterai 6000) dengan perusahaan manapun (disediakan)
  4. Surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan (paklaring/pengalaman kerja) + fotokopi (2 lembar)
  5. KTP Aseli + Fotokopi (2 lembar)
  6. KK Aseli + Fotokopi (2 lembar, jika tak ada bisa pakai surat keterangan dominisi RT/RW)
  7. Fotokopi rekening BANKSemua berkas itu disatukan dalam map berwarna merah.

Jika semua berkas sudah dinyatakan lengkap, anda akan diberi nomer antrian untuk interview dan penjadwalan pencairan JHT.  Jika ditanya ini itu, jawablah sesuai data anda, misalnya bekerja di mana saja, tahun berapa berhenti, dsb. JIKA ditanya sekarang bekerja di mana, bilang saja MENGANGGUR. jika anda menjawab, setelah keluar kerja di PT anu, 90% anda ditolak.

Jika selesai, anda akan diminta berfoto sebagai bukti bahwa anda dengan tampang seperti inilah yang benar mencairkan dana JHT.

Transfer atau TUNAI?
Jika angka yang akan anda terima diatas sepuluh juta, akan diminta transfer lewat bank, jika dibawah sepuluh juta bisa dicairkan di bank ada di kantor jamsostek.

Berapa lama pencairan JHT?
Nah, kalo pengalaman saya menggunakan rekening bank BRI, hari kamis disetujui, maka Jum`at minggu depan jam tiga sore baru masuk rekening.

Seperti ini

rekening-BRI