Assalamualaikum wr wb
Pak ustad,perkenalkan nama saya Rini punya anak 1 umur 9 tahu. Saya sudah berpisah dengan suami waktu anak saya berumur 6 bulan. Tapi sekarang belum menikah .Dulu saya pernah bersumpah tidak kan pernah mau kembali sama dia dan tak mau punya anak lg dengan dia.

Tapi sampai sakarang saya tidak bisa melupakan dia. Sekarang kami bersatu kembali dan ingin menikah lagi sama dia dan niat punya anak lagi. Apakah saya diridoi Allah bila saya menikah lagi sama dia pak ustad.Apa yang harus saya lakukan sebelum menikah agar saya tidak kena sial karena sumpah saya dulu?

Rini, Batamcenter, 082284403xxx


Wa’alaikumusalam
Pertama, apakah makna “berpisah” itu adalah maknanya bercerai? Kalau yang anda maksud adalah bercerai: karena anda sudah lama bercerai dan lebih dari 3x masa suci, maka aturan pernikahan anda sama dengan aturan pernikahan pertama dulu: pakai ijab dan qabul, ada wali, 2 saksi laki-laki, dan ada maharnya.
Tetapi kalau yang anda maksud berpisah: cuma sekedar berpisah, dan tidak pernah terjadi perceraian, anda dan suami tinggal lanjutkan saja rumah tangganya karena anda belum pernah bercerai, walaupun sudah berpisah sekian lamanya.

Kedua, karena anda sudah bersumpah, dan sumpahnya anda langgar, maka anda dikenakan sanksi (kaffarat sumpah): Memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada 10 orang miskin, atau memerdekakan seorang budak. Kalau salah satu dari 3 hal tersebut tidak mampu anda lakukan, maka anda puasa selama tiga hari (tidak mesti berturut-turut), berdasarkan aturan Allah dalam QS Al Maidah: 89.

Wallahu a’lam bish shawab