Assalamu’alaikum
Pak ustad saya mau bertanya brapa lama kah masa nifas perempuan melahirkan dan keguguran….mohon jawabanya pak ustad….
Santi, di Tiban


 

Wa’alaikumussalam Wr Wb
Pertama, Nifas karena melahirkan menurut  mayoritas ulama, batasan minimal lamanya nifas tidak ada batasan, artinya kalau darah nifasnya cuma keluar 2 hari, lalu berhenti sama sekali, berarti wajib mandi dan shalat (jangan ditunggu sampai 40 hari).

Adapun batasan maksimal bagi wanita yang menunggu berakhirnya darah nifasnya jika darah terus saja keluar adalah 40 hari (Syafi’i mengatakan 60 hari), artinya kalau darah masih juga mengucur sampai pada hari ke-41, maka pada hari ke-41 anda wajib mandi dan shalat, sekalipun darahnya masih terus mengucur, darah tersebut tidak disebut darah nifas lagi tetapi darah istihadhah. Sesuai dengan riwayat dari Ummu Salamah, “wanita yang nifas dimasa nabi duduk menunggu nifasnya selama 40 hari, atau 40 malam.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah, hasan menurut Syaikh al-Albani).

Kedua, Adapun keguguran, kalau kegugurannya dibawah 4 bulan (kurang dari 120 hari), maka tidak disebut nifas, sehingga tetap suci dan wajib shalat, dan darah tersbut hanyalah darah istihadhah.

Tetapi kalau usia kandungannya sudah 4 bulan atau lebih, maka disebut darah nifas, dan berlakulah hukum nifas (dilarang shalat, dan lain-lain), karena diusia 4 bulan, janin sudah ditiupkan ruh artinya sudah menjadi manusia. Rasulullah bersabda, “sesungguhnya salah seorang diantara kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya dalam waktu 40 hari, kemudian menjadi segumpal darah selama 40 hari, kemudian menjadi segumpal daging selama itu juga (40 hari), kemudian diutus malaikat kepadanya dan ditiupkan ruhnya, kemudian diperintahkan untuk menuliskan 4 hal: rezeki, ajal, amal perbuatan, dan nasibnya celaka atau bahagia.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad, shahih menurut Syaikh al-Albani).

Wallahu a’lam bish shawab

#