Tindik

Tindik

Assalammualaiku Wr Wb
Pak Ustad, apa hukumnya apabila saya seorang lelaki menindik telinganya?

Anton, Batamkota


Wa’alaikumussalam Wr Wb.
Menindik telinga adalah bentuk dari cara berhias khusus bagi kaum wanita, hukumnya mubah bagi wanita, apalagi dengan bertujuan untuk membedakan antara anak laki-laki dan perempuan.

Karena ini kekhususan hanya bagi wanita, maka diharamkan bagi kaum pria. Karena Rasulullah melarang laki-laki menyerupai wanita dalam segala bentuk, baik bentuk pakaian, penampilan dan perilaku, demikian juga sebaliknya kaum wanita diharamkan juga menyerupai kaum pria.

Haramnya tindik telinga bagi laki-laki karena berdasarkan hadits-hadits Rasulullah:
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas , ia berkata, “Rasulullah melaknat para laki-laki yang menyerupai kaum wanita dan wanita yang menyerupai kaum laki-laki.” (HR Bukhari).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah , ia berkata, “Rasulullah telah melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian laki-laki,” (Shahih, HR Abu Dawud).

Diriwayatkan dari Ibnu Abi Mulaikah, dikatakan kepada Aisyah, “ Ada wanita yang memakai sepatu laki-laki.” Lantas ia berkata, “Rasulullah melaknat wanita yang menyerupai laki-laki,” (Shahih lighairihi, HR Abu Dawud).

Karena hukumnya haram, bagi yang sudah menindik telinganya atau organ tubuh yang lainnya, harus segera bertaubat dan membuang tindik tersebut sebagai bentuk dari taubat kepada Allah ta’ala.

Wallahu a’lam bis shawab.

#