Ilustrasi

Ilustrasi

Asalamualaikum wr wb
Pak ustad saya kan pernah dengar istilah mati suri. Apakah benar ada mati suri di dunia ini.? Mohon penjelasan nya pak.

Linda, Batamkota


Wa’alaikumussalam Wr Wb

Pada dasarnya apabila seseorang sudah benar-benar mati, maka dia akan berpindah dari alam dunia menuju alam kubur (alam Barzakh), apabila sudah berpindah ke alam kubur, maka orang itu akan berhadapan dengan semua proses alam kubur, seperti pertanyaan 2 malaikat, kemudian akan ada kenikmatan atau azab kubur, dan ini terus berkelanjutan sampai datangnya hari kiamat.

Itu artinya orang yang sudah mati sebenarnya tidak adalagi cerita balik hidup ke dunia. Sebagaimana yang dikatakan Allah di dalam al-Quran. “Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, Kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, Kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?” (QS. Al-Baqarah : 28).

Imam Ibnu Katsir menjelaskan tafsiran dari ayat di atas, “Dia menghidupkan kamu yang tadinya kamu tidak ada menjadi ada (lahir kedunia), kemudian Dia mematikanmu dengan kematian yang sebenarnya (alam kubur), kemudian Dia menghidupkan kamu ketika Dia membangkitkan kalian (Tafsir al-Quran al-Azhim, hlm. 5).

Di lain ayat Allah berfirman, “Mereka menjawab: “Ya Tuhan kami Engkau Telah mematikan kami dua kali dan Telah menghidupkan kami dua kali (pula), lalu kami mengakui dosa-dosa kami. Maka Adakah sesuatu jalan (bagi kami) untuk keluar (dari neraka)?” (QS. Ghafir : 11).

Jadi berdasarkan dua ayat tersebut ada istilah “dua kematian dan dua kehidupan” yakni; proses yang dilewati manusia bermula dari tidak ada (mati pertama), terus alam dunia (hidup pertama), terus alam kubur (mati kedua), terus dibangkitkan di hari kiamat (hidup kedua).

Kesimpulannya, kalau orang sudah benar-benar mati, maka dia mustahil balik hidup lagi ke dunia. Adapun orang yang balik hidup lagi padahal sudah mati, maka sebenarnya dia tidak mati dengan sebenar-benarnya mati, alias ruh dan jasadnya belum memasuki alam kubur, karena kalau dia sudah masuk alam kubur, lalu balik lagi ke alam dunia, lalu nanti dia mati masuk lagi alam kubur kedua kalinya, maka orang itu akan punya 3x mati dan 3x hidup, dan ini bertentangan dengan firman Allah tadi (QS. Ghafir : 11).

Wallahu a’lam bish shawab

#