Hewan marmut halal dimakan

Hewan marmut halal dimakan

Assalamualaikum Wr Wb
Pak ustad,  Saya Aal, mau tanya apakah hewan marmut itu halal untuk dikonsumsi? Apa dalilnya? mohon penjelasan. Terimakasih

pengirim 085668050XXX


Wa’alaikumussalam Wr Wb
Marmut halal dimakan, sebab tidak ayat maupun hadits yang melarang. Karena prinsip dalam hal makanan dan minuman semuanya halal sampai kemudian ada dalil yang mengharamkannya (dari al-Quran, hadits maupun dalil/alasan lainnya).

Dari Abi Darda bahawa Nabi pernah bersabda: “Apa yang dihalalkan oleh Allah maka ianya halal dan apa yang diharamkan maka ianya haram dan apa-apa yang didiamkan tentangnya maka ianya dimaafkan. Maka terimalah apa yang dimaafkan oleh Allah kerana sesungguhnya Allah tidak pernah lupa akan sesuatu.”(HR.Bazzar dan Tabrani, shahih menurut Syaikh al-Albani).

Di antara penyebab haramnya makanan, antara lain:

Pertama
, Berbahaya, Rasulullah bersabda, “Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh membahayakan orang lain.” (HR. Ibnu Majah, Shahih menurut Syaikh al-Albani).

Kedua, Najis, Nabi ditanya tentang lemak yang kejatuhan tikus, maka beliau bersabda:  “Buanglah tikusnya dan buang juga lemak yang berada di sekitarnya lalu makanlah lemak kalian”. (HR. Bukhari).

Ketiga, memabukkan dan menghilangkan akal, Rasulullah bersabda, “Setiap yang memabukkan adalah haram.” (HR. Bukhari).

Keempat, menjijikkan menurut fitrah samua manusia, seperti kutu, kecoa, kotoran dan lainnya.

Kelima, diharamkan langsung oleh Allah dan Rasul-Nya dalam al-Quran dan hadits, seperti: haramnya babi, bangkai dan lainnya, Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, Maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah : 173).

Wallahu A’lam bish Shawab

#