Salah satu contoh kasus HTML to WordPress adalah ketika saya membuat theme wordpress untuk versi mobile detik. Saat itu saya tertantang untuk membuktikan, bahwa apapun webnya, bisa dikonversi ke theme wordpress.

 

bagi kawan yang belum menyimak artikel sebelumnya, silakan klik “Cara Membuat Website Mobile Seperti Detik Mobile“.
Pada artikel itu saya membuat theme wordpress versi mobile bermodalkan file html detik yang disave (buka detik lalu Save As..), mengurainya, lalu merekonstruksinya menjadi live site. Tak hanya itu, saya juga harus merapikan css-nya dengan tool pada website ini.

Ketika kawan menyimpan laman index suatu website, otomatis kawan akan mendapatkan file-file yang ikut menempel pada halaman itu. Yakni”
– css
– js
-image
-dsb.

 

nah, ketika kawan mendapatkan file htmlnya (Simpan suatu laman dengan Save As..) maka modal kita untuk menkonversinya menjadi theme html sudah cukup. Selebihnya, kawan ikuti petunjuk yang saya tulis.

File Style.Css
Dalam theme wordpress, style.css berisi kode css dari keseluruhan theme yang dibuat. dalam folder yang akan kawan buat nanti, harus ada file css ini dan kawan menambahkan informasi theme diatas  kode cssnya. pastekan kode ini di atasnya (silakan ubah sendiri)

/*
Theme Name: Kasih nama theme wp ini
Theme URI: URL pembuat theme
Description: Penjelasan theme
Version: 1.0
Author: nama pembuat
Author URI: alamat web pembuat
*/

Jika di lihat di Dashboard > Theme

style css
Maka, dari css detik yang kawan dapatkan seperti pada artikel “Cara Membuat Website Mobile Seperti Detik Mobile” kawan tambahkan saja kode diatas pada cssnya, lalu simpan dengan nama¬† Style.css

 

simpan style.css dalam folder theme, yang nantinya diisi juga header.php, footer.php, index.php single.php