Assalamualaikum pak Ustad. Saya ingin bertanya apakah hukum nya jika seorang mengucap kan sumpah dengan sembarang, dan apakah itu termasuk dosa.wassalam.
812675676x
Wa’alaikumussalam..
Pertama, Sesuatu baru disebut sumpah, kalau mengandung kata-kata “demi…” atau “aku bersumpah..” seperti demi Allah, demi tanah air, demi langit dan bumi, aku bersumpah dengan nama Allah, dan lainnya. Kalimat sumpah harus dengan nama Allah, Rasulullah bersabda, “barangsiapa yang bersumpah hendaklah ia bersumpah dengan nama Allah atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Adapun kalimat yang tidak ada kata “demi Allah” nya, atau tidak ada kata “aku bersumpah”,  maka tidak bisa disebut sumpah, seperti kata-kata, “kami bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia” kalimat ini tidak bisa disebut sumpah, sebab tidak ada kata “aku bersumpah” dan “demi Allah”, tetapi cuma sekedar komitmen atau ikrar dan janji.
Kedua, Islam sangat menganjurkan meminimalisir bersumpah, Allah berfirman, “dan janganlah kamu ikuti setiap hallaf (orang yang banyak bersumpah) lagi hina.” (QS. Al-Qalam : 10).
Ketiga, sumpah main-main, sembarangan, canda, tidak serius, sambil debat dan lain-lain, Allah berfirman, “Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.”(QS. Al-Abaqarah : 225).
Terkait dengan ayat tersebut, sebagian ulama menyimpulkan sumpah yang keluar begitu saja, entah karena marah atau terburu-buru, hukumnya tidak berdosa dan tidak ada denda. Juga, dalilnya riwayat dari Aisyah, Aisyah berkata, “ayat ini (al-Baqarah : 225) diturunkan tentang perkataan seseorang, ‘tidak.. Demi Allah, ya demi Allah..”
Wallahu A’lam bish-shaawab.