Assalamualaikum pak ustad saya ingin bertanya apa hukum selingkuh sama istri orang dan sama suami orang apakah si suami di ahirat nanti ketemu sama istrinya.wassalam.
82392779xxx
Wa’alaikumussalam Wr Wb.
Bisa ketemu bisa tidak, semuanya kembali kepada amal ibadah masing-masing.
Kalau suaminya shalih, istrinya pun juga shalihah alias sama-sama beriman, maka keduanya akan bertemu didalam surga kelak insya Allah, bahkan bersama-sama dengan anak keturunannya kalau mereka semuanya beriman. Allah berfirman, “Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. Ath-Thur : 21).
Imam al-Qurthubi mengatakan, bahwa Allah akan mengangkat derajat keturunan orang yang beriman, meskipun pada asalnya amalan keturunannya itu lebih rendah darinya, sehingga mereka bisa berkumpul di dalam surga (al-Jami’ Li Ahkamil Qur’an, Imam al-Qurthubi).
Bahkan kalau istri tersebut menikah lagi dengan suami kedua (setelah berpisah dengan suami pertama), dia akan tetap bertemu dengan suami terakhir, asal dua-duanya shalih, Rasulullah bersabda, “wanita mana saja yang ditinggal mati suaminya, lalu dia menikah lagi setelah itu, maka ia adalah milik suaminyayang terakhir.” (HR. an-Nasa’i, Shahih menurut Syaikh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah)
Tetapi kalau kedua-duanya kafir atau salah satunya kafir dan satunya beriman, maka mereka tidak akan berkumpul tetapi justru saling bermusuhan, Allah berfirman, “orang-orang yang saling mencinta pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf : 67).
Wallahu A’lam bish Shawab