Assalamualaikum Wr Wb
Saya Puji. Pertanyaan saya pak Ustad, bolehkah kita pacaran dengan menggunakan alat komunikasi atau telpon dalam Islam. Terimakasih. Wassaalm.
 Pengirim: Puji
Wa’alaikumussalam Wr Wb
Apapun sebutannya, Islam memberikan batasan dalam bermuamalah dengan lawan jenis, baik itu dari cara berpakaian maupun cara berbicara dan bertemu muka dengan lawan jenis yang bukan mahram. Adapun aturan dalam berbicara (komunikasi) dengan lawan jenis adalah:
Pertama, hanya berbicara sesuai kebutuhan dan dalam batas kewajaran, dan haruslah dengan bahasa yang baik-baik, Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar.” (QS. Al-Ahzab : 70).
Artinya kalau anda memang tidak ada kebutuhan atau istilahnya hanya sekedar ngalor ngidul yang tidak jelas, maka anda tidak boleh berbicara dengan lawan jenis. Nah, kalau orang yang berpacaran tentu tema pembicaraannya sudah banyak ngalor ngidulnya, maka hukumnya tidak boleh, termasuk via telepon atau alat komunikasi lainnya seperti BBM-an, chatting dan lain-lain.
Kedua, tidak boleh berdua-duaan. Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir, bahwa Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian masuk menemui wanita yang bukan mahram!” Seorang laki-laki Anshar berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan ipar?” Rasulullah saw. bersabda, “Ipar adalah maut!” (HR Bukhari dan Muslim).
Ketiga, tidak boleh melembut-lembutkan suara, Ini berdasarkan firman Allah, “Maka janganlah kalian melembutkan ucapanmu hingga berkeinginan jeleklah orang yang di hatinya ada penyakit.” (Al-Ahzab: 32).