Pasangan Mesum Diarak Warga Di Perum Mukakuning Indah

Pasangan Mesum Diarak Warga Di Perum Mukakuning Indah


Ass pak ustad saya mau tnya kl islam kumpul kebo kn dlarang knp dtmpt saya tgl bnyk yg kumpul kebo RT nya jg tdk mlarang.apa kita jg kna dosanya. Baloi kolam
857656573xx
Wa’alaikumussalam..
Kalau yang dimaksud kumpul kebo adalah cowok dan cewek yang bukan suami istri tinggal berduaan dalam satu rumah, atau bahkan melakukan hubungan suami istri, maka hukumnya haram.
Dan setiap muslim yang mengetahui hal itu diperintahkan nabi untuk melarang perbuatan tersebut sesuai dengan batasan maksimal kemampuan, dan
Rasulullah bersabda, “barang siapa diantara kalian yang melihat kemunkaran hendaklah ia ubah dengan tangannya, bila tidak mampu maka dengan lidahnya, kalau tidak mampu juga maka dengan hatinya, dan yang demikian adalah selemah-lemah iman.” (HR. Ahmad, Muslim, Ibnu Majah dan lainnya).
Kalau diam sama sekali dan tidak mau menegur dan tidak mau mengupayakan berhentinya perbuatan haram tersebut, seperti melapor ke RT, atau memberitahu warga lainnya agar serentak menolak perbuatan haram tersebut, maka orang yang mendiamkan tersebut akan berdosa.
Berdosanya bukan karena gara-gara tetangganya yang berzina, sebab dosa itu tidak dibebankan kepada orang lain, tetapi ditanggung sendiri oleh pelakunya, Allah berfirman, “(yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain.” (QS. An-Najm : 38).
Tetapi mendapatkan dosa, karena mendiamkan kemunkaran padahal dia sanggup mengingkari perbuatan tersebut. Berdasarkan hadits Jarir bin ‘Abdillah Al-Bajaly secara marfu’, “Tidak ada seorangpun yang berada di tengah-tengah sebuah kaum yang diperbuat di tengah-tengah mereka kemaksiatan, mereka mampu untuk mengubahnya akan tetapi mereka tidak mau mengubahnya kecuali Allah akan menimpakan kepada mereka siksaan sebelum mereka meninggal”. (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Syeikh  Al-Albany dalam Shahih Sunan Abi Daud).
Wallahu A’lam bish-shaawab.